2

Trik dan Tips Mengambil Foto Dengan Ponsel

Awal pengambilan foto dari kamera ponsel :
Sebelumnya, ini hanya dari hasil baca - baca, melakukan foto dengan berbagai obyek dan pengalaman pribadi, mulai ikut event wedding sampai iseng pengambilan obyek foto berbagai sudut pandang sebagai koleksi foto pribadi di HP. Semoga berguna bagi yang membaca :
Beberapa cara untuk mengoptimalisasi penggunaan kamera ponsel yaitu :
  1. Pastikan lensa kamera selalu dalam keadaan bersih, Lebih bagus lagi kalo ponselnya dilengkapi lens cover, ataupun lensa kamera yang akan digunakan tidak berembun.
  2. Hindari pemakaian digital zoom karena hanya mengurangi kualitas foto, kalo kamera ponsel sudah memiliki tehnologi optical zoom bisa juga digunakan, kalo ponselnya memang benar - benar dilengkapi optical zoom.
  3. Silakan menggunakan settingan resolusi foto ponsel paling tinggi atau batas maksimal resolusi yang dimiliki kamera ponsel. Semakin tinggi resolusi pixel, semakin detail hasilnya, tapi juga semakin besar ukuran filenya.
  4. Perhitungkan factor pencahayaan yang anda peroleh ketika akan mengambil suatu foto pada obyek tersebut. Lebih baik di outdoor dan memakai flash (kalo ada), kalo gelap bakal menghasilkan noise (ato pake night mode), dan jangan menantang cahaya, karena hasilnya bakal silouete.
  5. Memastikan dekat dengan obyek foto, keterbatasan resolusi dan focus yang dimiliki kamera ponsel tersebut juga harus jadi pertimbangan. Untuk pengambilan obyek foto tidak perlu terlalu dekat dengan obyek yang akan diambil fotonya, kecuali pake fitur macro (kalo ada).
  6. Dalam pengambilan obyek foto harus dalam keadaan stabil (ga goyang), juga usahakan jangan bergerak sebelum dan setelah membidik obyek bbrp detik, kalo ga mau hasilnya blur. biarpun pake autofokus sekalipun.
  7. Dalam pengambilan obyek foto bidik beberapa kali obyek yg sama, agar mendapatkan hasil yg paling bagus. Bisa juga pengambilan obyek foto diambil dengan beberapa sudut bidik.
  8. Tidak perlu membuang hasil foto gagal, kecuali kapasitas penyimpanan foto sangat minim. Karena hasil yg nampak di layar ponsel bakal beda dg yg ada di layar komputer. kadang foto gagal jadi bagus setelah mengalami editing via komputer
  9. Rename file foto diponsel jadi lebih informatif, kadang ponsel sudah dilengkapi penamaan file secara otomatis, juga tanggal. Tapi akan membingungkan kalo banyak file dalam 1 folder, kecuali ada thumbnail mode
  10. Edit hasil foto secara komputerisasi. hindari pemakaian efek yg berlebihan dan tidak perlu di ponsel, karena semuanya bisa dilakukan kemudian di komputerisasi.

Tip Tambahan:
Dalam membidik obyek, jangan terlalu kaku ataupun obyek tidak harus selalu di posisi center, apalagi landscape mode. Sering – sering bidik obyek foto untuk perbanyak file.

2 komentar:

arjuno_artstudio said...

Mana hasil Fotonya?

N154 said...

nah kl ponsel nya jadul ato kameranya kualitasnya jelek apa hasilnya bs bagus???

Post a Comment